Wisata kuliner… dari soto ke soto….

2012-12-24 12.34.22

Soto Bancar Purbalingga

Hai bro n sis… Sudah waktunya rolasan nich, setelah sholat zhuhur biasanya dilanjut dengan makan siang. Nah… timing yang tepat untuk sedikit membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan kuliner. Untuk kali ini saya mau mengulas tentang menu kuliner di sekitar Purbalingga.

Seperti halnya wilayah eks-karesidenan Banyumas lainnya, didaerah Purbalingga untuk menu kuliner yang terkenal adalah Soto meskipun menu yang lainnya juga ada sih. Akan tetapi tetep aja yang paling dicari adalah menu yang satu ini. Soto didaerah sini sangat berbeda bila dibandingkan dengan menu soto didaerah asal saya di Solo. Ciri khas yang terlihat adalah penggunaan ketupat sebagai pengganti nasi, serta tambahan krupuk merah dan sambal kacangnya.

Sambal Kacang Soto

Sambal Kacang Soto

Dalam liburan kemarin kita sempat mendatangi 3 tempat warung makan yang menyajikan menu soto sebagai andalannya.

1. Soto Bancar Hj Misdar

Posisi tempatnya adalah depan Pengadilan Negeri Purbalingga. Saat datang kesini ternyata pengunjungnya benar-benar ramai terutama waktu makan siang, telat sedikit aja bisa ga dapat tempat duduk nich. Selain soto sebagai andalannya ada menu pendampinngnya yang cukup menggoda yaitu Es Durian. Untuk rasa es duriannya benar-benar nampol bro n sis… maknyuss lah…. Sedangkan untuk menu sotonya kita bisa memilih dari daging ayam, sapi, babat, ati ampela dll. Disini juga menyajikan menu lainnya seperti bebek goreng dan nasi rames.

Es durian

Es durian

2. Soto Sutri Sokaraja

Posisi letaknya adalah sebelah utara simpang lima lampu merah Sokaraja, dan tempatnya bukan dipinggir jalan raya tetapi masuk ke jalan kampung. Ternyata disinipun pengunjungnya juga penuh bro n sis… jika telat sedikitpun jangankan tempat duduk, menu soto yang diinginkan pun bakalan ga kebagian alias habis. Untuk menunya sendiri disini hanya menyajikan satu menu yaitu Soto Daging Sapi, berbeda dengan Soto Bancar yang variatif.

Soto Sutri Sokaraja

Soto Sutri Sokaraja

3. Soto Kanon Jompo

Posisi letak warung makan yang satu ini berada disamping kantor kepala desa Rabak, atau sebelum lewatin sawah yang menuju tempat tinggal istriku. Tempatnya sendiripun cukup sederhana akan tetapi merupakan menu favorit disekitar tempat tinggal mertua. Untuk menunya hanya ada satu yaitu soto daging ayam plus ati ampela.

Soto Kanon

Soto Kanon

Dari ketiga tempat yang menyajikan menu sama tsb, untuk penilaian rasanya yang paling enak menurut kita adalah Soto Sutri Sokaraja. Kenapa kita berpendapat demikian, ini lebih dikarenakan rasanya yang lebih nampol jika dibandingkan tempat yang lain. Tapi mungkin bro n sis yang sudah merasakan kuliner di 3 tempat tsb bisa berbeda pendapat loh…

So… monggo bro n sis ada yang mau nambahin lagi…

Matur nuwun….

About these ads

27 thoughts on “Wisata kuliner… dari soto ke soto….

    • Sutri gak jual soto lho… jualnya Sroto :D
      wah, rajanya soto semua yg didatengin. ya paling enak emang sokaraja mas. sroto sokaraja yg masih asli ya setau saya di Sutri hehehe bukan promosi. Es campurnya saja enak apalagi Es durennya.. ajib. ngiler meski tiap hari lewat depan es duren ^_^

Monggo ingkang badhe ngendikan.... Matur nuwun...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s